Manfaat Berolahraga Bagi Kesehatan Tubuh


 
Berolahraga so pasti banyak manfaatnya. Macamnya pun banyak, mulai dari olahraga Jogging, Sepak Bola, Basket, Badminton, Renang, Fitness dan lain sebagainya. Olahraga salah satu kegiatan penting bagi kehidupan manusia. Karena dengan berolahraga, tubuh kita akan menjadi segar dan bugar. Berikut ini penjelasan detail manfaat berolahraga :

1.       Menyehatkan dan menyegarkan badan
Yang pertama dari manfaat berolahraga yaitu menyehatkan dan menyegarkan badan.
 Ketka sedang berolahraga, otomatis tubuh akan membuang energi sisa selama beraktifitas berupa cairan keringat, kemudian diganti dengan energi baru. Energi baru tersebut berupa makanan dan minuman yang sehat, yang dikonsumsi setelah beberapa menit melakukan olahraga. Hal ini akan membuat tubuh terasa segar dan fit untuk memulai aktiftas baru.

2.       Melatih daya pacu jantung
Ketika melakukan olahraga, pacu detak jantung akan semakin cepat dan berdetak normal kembali ketika istirahat. Hal ini baik bagi kesehatan tubuh karena peran jantung dalam tubuh mengedarkan darah ke semua tubuh. 

3.       Melancarkan peredaran tubuh
Manfaat yang ketiga berhubungan dengan poin yang kedua. Saat daya kerja detak jantung yang baik, maka peredaran darah dalam tubuh pun akan baik. Hal ini mencegah berbagai macam masalah tubuh yang timbul, seperti pusing, stroke, keram, kesemutan, dan lain sebagainya.

4.       Mempercepat pertumbuhan tubuh
Kegiatan olahraga, apapun bentuknya dengan catatan sesuai dengan kemampuannya, bereperan mempercepat pertumbuhan tubuh seperti tinggi badan dan bentuk otot tubuh 

5.       Mengurangi risiko terkena penyakit jantung
Saat berolahraga, otomatis tubuh membakar lemak dan kolesterol. Dengan pembakaran lemak dan kolesterol dalam tubuh, mengurangi risiko terkena penyakit jantung ynag biasanya dialami pria dan wanita yang sudah berumur. Akan tetapi banyak kasus sekarang para remaja maupun baru beranjak dewasa yang sudah memiliki penyakit jantung. Untuk itu, disarankan berolahraga lah sejak dini.

Begitu banyak manfaat dari berolahraga untuk kesehatan tubuh kita. Tetapi ada hal yang harus anda perhatikan ketika anda akan memulai berolahraga, pastikan kondisi tubuh anda fit dan memiliki cukup energi sebelum berolahraga. Jangan berolahraga ketika perut anda masih kosong maupun baru terisi dengan makanan.

 Jadi, sudahkah anda berolahraga hari ini? So, Keep Your Body Healthy!
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

2 Responses to this post

  1. Maz Tofik on 30 September 2015 pukul 08.18

    Dengan berolahraga. Tubuh menjadi lebih sehat. Terima kasih artikelnya gan...

  2. mayandra on 23 Desember 2015 pukul 04.13

    Jadi tau ni.thanks
    Link sehat

Leave a comment