Tugas Bahasa Indonesia : Proposal PI Flip Flop

BAB I
PENDAHULUAN


1.1        LATAR BELAKANG MASALAH
Perangkat elektronika merupakan suatu perangkat keras yang kompleks dimana suatu perangkat dapat terdiri dari puluhan, bahkan ratusan komponen elektronika. Seiring dengan perkembangan teknologi dan desakan oleh kebutuhan pasar dalam produksi perangkat elektronika, maka dikembangkan suatu perangkat elektronika yang mengintegrasikan semua atau sebagian komponen elektronika dalam satu perangkat, dimana perangkat ini akan menjadi sebuah perangkat yang fleksibel dan efisien.         
                                           
            Di zaman modern seperti sekarang ini,banyak lampu hias atau tulisan berjalan dengan menggunakan lampu led ratusanPada Lampu flip-flop yang penulis buat masih rangkaian sederhana, dengan mengekplorasi rangkaian yang masih sederhana ini akan menjadi rangkaian yang lebih bagus, sebagai contoh pada rangkaian tulisan berjalan yang biasa ada pada kantor-kantor atau di dalam masjid sekalipun sudah ada. Jadi apabila rangkain yang masih dasar ini dieksplorasi kembali akan lebih bagus lagi hasilnya. Pada rangkaian flip-flop akan menghasilkan nyala lampu led yang tersusun berderet 1 baris, akan bergeser ke arah kanan dengan potensiometer sebagai pengatur kecepatan laju pada led.

Dalam penulisan ilmiah ini rangakain flip-flop memakai beberapa IC Analog Diantaranya IC 3130 sebagai Osilator, IC 4017 sebagai Counter (Johnsons Counter) dan beberapa komponen-komponen elektronika lainnya seperti Resistor, Kapasitor, Led, dan output dari rangkaian ini adalah tampilan pada lampu led.


1.2        BATASAN MASALAH
Dalam alat ini menggunakan IC 4017 sebagai counter, komponen tersebut tidak dapat diganti dengan tipe IC yang lain karena berbeda pada kegunaannya. Alat ini juga menggunakan IC Op-Amp 3031 yang digunakan untuk menghasilkan clock/detak pulsa, IC tersebut tidak bisa diganti dengan tipe IC yang lain karena beda susunan dalam datasheet IC tersebut.

Transistor yang digunakan adalah tipe BC475 yang tidak dapat diganti dengan transistor tipe yang lainnya, dikarenakan beda pada datasheet transistor tersebut.

Karena luasnya ruang lingkup yang menyangkut alat yang penulis buat. maka penulis membatasi masalah yang akan dibahas, pada masalah yang menyangkut pada pembuatan Lampu flip-flop saja yang bertujuan untuk mempermudah dalam pemahaman dan pengertian tentang masalah-masalah pada Lampu flip-flop saja


1.3        TUJUAN PENULISAN
Makalah ini adalah berupa keterangan dari alat yang dibuat yang merupaakan dasar dari aplikasi yang lebih bagus. Yang mana alatnya akan berfungsi di mayarakat.
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini, antara lain sebagai berikut :
1.       Memberikan pengetahuan kepada pembaca tentang pengaplikasian dari alat Lampu flip-flop.
2.       Memberikan pengetahuan dasar dari komponen-komponen yang digunakan dalam rangkaian Lampu flip-flop.
3.       Memberikan pengetahuan dasar bagi penulis sebelum melakukan presentasi proyek yang akan di laksanakan.

Makalah ini penulis buat berdasarkan proyek rangkaian Lampu flip-flop yang telah sukses penulis buat. Disini penulis terangkain dari mulai cara pembuatan layout hingga cara kerja rangkaian tersebut, baik secara blok diagram maupun secara detail. Yang akan penulis bahas dalam bab III nanti, tentang analisa rangkaian .

1.4        METODE PENULISAN
Adapun metode atau cara yang penulis lakukan untuk memperoleh data-data di dalam penyusunan laporan ini sebagai berikut :
Penulis mengamati langsung rangkaian proyek yang telah jadi untuk dianalisa

1.4.1.      Metode analisa, yaitu dengan menganalisa rangkaian Lampu flip-flop, hingga di peroleh gambaran awal dari prinsip kerja dari rangkaian Lampu flip-flop.
1.4.2.      Metode observasi, yaitu dengan melakukan pengamatan langsung mengenai cara kerja Lampu flip-flop setelah kita rangkai menjadi alat peraga. Pengamatan yang dilakukan selama menjalani praktikum.

1.4.3.      Studi Pustaka, yaitu mengambil data dari beberapa sumber buku dan website untuk menjadi acuan dalam penulisan. para penyusun melakukan pengumpulan data dengan cara membaca dari buku-buku referensi dan modul bantu praktikum Sistem Digital 1.

1.4.4.      Konsultasi, yaitu mendiskusikan dan bertanya bagaimana cara pembuatan alat dan makalah kepada narasumber yang bersangkutan dengan membuatan Lampu flip-flop.

1.5     SSTEMATIKA PENULISAN   

BAB I Pendahuluan
Pada bab ini penulismenjelaskan tentang Penggunaan dan Aplikasi perangkat elektronika dalam kehidupan sehari-hari dan penggunaannya dalam teknologi sekarang ini. Serta penulis juga akan menjelaskan tentang tujuan dalam pembuatan proyek yang berjudul “Lampu flip-flop”.


BAB II  Landasan Teori
Berisikan tentang teori dasar yang berhubungan dengan analisa rangkaian proyek, komponen-komponen dan alat yang digunakan, dan kerangka terbentuknya proyek “Lampu flip-flop “ ini.

BAB III Analisa Rangkaian
Dalam analisa rangkaian, penulis akan menjelaskan dan menganalisa rangkaian baik secara blok maupun secara detail, sehingga dalam penggunaannya akan semakin jelas dan mudah dimengerti.


BAB IV Cara Pengoprasian Alat

Berisi tentang cara dan panduan dalam pengoprasian alat dari proyek yang akan penulis presentasikan.

BAB V Penutup
Berisi kesimpulan, rangkuman dan saran-saran dari apa yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya.


Daftar Pustaka
Berisikan sumber-sumber yang telah diambil dalam menyusun makalah ini.

Lampiran
Berisi lampiran data pengamatan dan gambar rangkaian dari atas maupun dari posisi bawah.


These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Leave a comment