Pengertian Siksaan


Teori
Siksaan atau penyiksaan (Bahasa Inggris: torture) digunakan untuk merujuk pada penciptaan rasa sakit untuk menghancurkan kekerasan hati korban. Segala tindakan yang menyebabkan penderitaan, baik secara fisik maupun psikologis, yang dengan sengaja dilakukkan terhadap seseorang dengan tujuan intimidasi, balas dendam, hukuman, sadisme, pemaksaan informasi, atau mendapatkan pengakuan palsu untuk propaganda atau tujuan politik dapat disebut sebagai penyiksaan. Siksaan dapat digunakan sebagai suatu cara interogasi untuk mendapatkan pengakuan. Siksaan juga dapat digunakan sebagai metode pemaksaan atau sebagai alat untuk mengendalikan kelompok yang dianggap sebagai ancaman bagi suatu pemerintah. Sepanjang sejarah, siksaan telah juga digunakan sebagai cara untuk memaksakan pindah agama atau cuci otak politik.
Penyiksaan hampir secara universal telah dianggap sebagai pelanggaran berat hak asasi manusia, seperti dinyatakan Deklarasi Hak Asasi Manusia. Para penandatangan Konvensi Jenewa Ketiga dan Konvensi Jenewa Keempat telah menyetujui untuk tidak melakukan penyiksaan terhadap orang yang dilindungi (penduduk sipil musuh atau tawanan perang) dalam suatu konflik bersenjata. Penanda tangan UN Convention Against Torture juga telah menyetujui untuk tidak secara sengaja memberikan rasa sakit atau penderitaan pada siapapun, untuk mendapatkan informasi atau pengakuan, menghukum, atau memaksakan sesuatu dari mereka atau orang ketiga. Walaupun demikian, organisasi-organisasi seperti Amnesty International memperkirakan bahwa dua dari tiga negara tidak konsisten mematuhi perjanjian-perjanjian tersebut.


Artikel
Pemerintah Arab Saudi Selidiki Kasus Penyiksaan Sumiati

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pemnerintah Arab Saudi saat ini sedang melakukan penyelidikan terhadap kasus penganiayaan yang menimpa tenaga kerja wanita (TKW) Indonesia, Sumiati. "Pihak berwajib dari Arab Saudi tengah melakukan penyelidikan untuk mengungkap lebih lanjut kasus yang menimpa TKW Sumiati," tutur Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Abdurahman Mohamed Amen Al-Khayyath saat temu wartawan di Jakarta, Kamis (18/11).

Terkait penyelidikan yang sedang berlangsung, jelas Abdurahman, akan ada juga keterangan lengkap hasil penyelidikan yang akan diserahkan ke KBRI Riyadh. Kasus Sumiati ini dikatakan adalah bukan kasus umum sehingga Pemerintah Arab Saudi memberi perhatian khusus. "Pemerintahan kami melindungi sekali tenaga kerja asing yang ada di Arab," tegas Abdurahman.
Diakui bahwa Pemerintah Arab Saudi memberikan respon atas jalur diplomatik yang telah ditempuh Pemerintah Indonesia. "Pelaku akan diajukan ke pengadilan sesuai Undang-undang yang berlaku di Saudi Arabia," ujar Abdurahman.
Selain itu, juga mengedepankan prinsip transparansi dalam pengungkapan kasus tersebut. Respon yang dilakukan Pemerintah Arab Saudi lainnya disebutkan telah memberikan visa kepada pejabat teras Kementrian Luar Negeri dan juga kerabat Sumiati yang akan berangkat hari ini.
Untuk penjaminan perlindungan tenaga kerja asing (TKA) di Arab, ditegaskan Abdurahman, sudah diatur oleh UU di Arab Saudi tentang perlindungan tenaga kerja asing dan pengunjung. Terdapat pula pengadilan khusus kasus TKA. "Beberapa tentang TKA kasus telah diproses. Bahkan jika ada hak TKA yang belum diberikan oleh pihak majikan bisa meminta pengadilan tersebut untuk memprosesnya hingga selesai," tutur dia.
Sedangkan ada tidaknya hubungan kekerabatan dengan istana dengan pihak pelaku penganiayaan ditegaskan tidak akan mempengaruhi proses hukum yang berlangsung. Untuk kasus Sumiati ini, Abdurahman pun menegaskan bahwa pelaku akan diajukan ke pengadilan. Meskipun diantara kedua pihak terjadi penyelesaian dengan pemberian kompensasi kepada korban. "Tidak ada yang bisa lari dari hukum. Di hadapan hukum semua sama," tegas dia lagi.
Dipaparkan juga bahwa pemerintah Arab Saudi sedang melakukan upaya revisi terhadap perlindungan TKA yang bekerja di Arab Saudi. "Saat ini Arab sedang menggodok UU yang mengatur tentang perlindungan kepada TKA," kata Abdurahman.
Sementara itu, Wakil Menteri Luar Negeri, Triyono Wibowo memaparkan bahwa paling lambat Kamis ini pihaknya memberangkatkan tim untuk memastikan perlindungan bagi Sumiati, termasuk di dalamnya memastikan pengobatan yang biayanya ditanggung Pemerintah Arab Saudi. 
"Termasuk juga memastikan adanya perlindungan hukum bagi Sumiati," tutur dia usai menyaksikan penyerahan donasi bencana dari Pemerintah Republik Demokratik Timor Leste di Jakarta, Kamis (18/11).
Dipaparkan Triyono sejak awal sudah ada permasalahan dengan pengiriman karena tidak dilengkapi dokumen atau ketrampilan. "Permasalahan dari dalam negeri tapi TKI menjadi korban di tempat penempatan," tutur dia.
Untuk permasalahan ini Triyono memaparkan Pemerintah Indonesia tidak ingin hubungan diplomatik kedua negara terganggu. Tapi ditegaskan bahwa Pemerintah Indonesia tetap menginginkan kasus ini diselesaikan secara hukum.


Redaktur: Djibril Muhammad
Reporter: Prima Restri


Opini 
Terkait dengan artikel di atas, menurut saya penyiksaan yang dilakukan kepada TKW Indonesia, Sumiati oleh majikannya sudah melanggar hak asasi manusia. Sesuai dengan penandatanganan oleh beberapa negara yang mengusulkan Deklarasi Hak Asasi Manusia yang diselenggarakan di Jenewa, penyiksaan berupa fisik maupun psikis sangat dilarang. Oleh karena itu, meskipun negara Arab Saudi yang menganut sistem Hukum Qishas, Arab Saudi harus menghukum si pelaku yang dalam kasus ini sang majikan dengan hukuman yang setimpal.

Sampai sekarang, TKW di Indonesia yang bekerja di Arab Saudi sangat banyak. Pemerintah Arab Saudi seharusnya lebih memerhatikan kondisi para pekerja asing di negaranya. Terkait pernyataan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Abdurahman Mohamed Amen Al-Khayyath yang berjanji akan lebih melindungi para tenaga kerja asing di negaranya, saya harap bukan hanya sekedar janji. Karena sesuai dengan fakta yang terjadi saat ini, masih banyak kasus penyiksaan yang dilakukan oleh majikan kepada para TKW Indonesia yang bekerja di Arab Saudi. Bahkan, dalam beberapa kasus tertentu, ada kasus pemerkosaan, tetapi ketika para TKW hendak membela diri agar tidak diperkosa dengan melawan majikannya, malah menimbulkan suatu fitnah terhadap para TKW, mereka dicap pembunuh karena membela diri dari majikannya yang hendak memerkosanya. sehingga para TKW Indonesia banyak yang dihukum pancung karena kasus tersebut.

Kembali pada kasus Sumiati, yang mengalami luka berat di bagian kepala dan bibirnya yang digunting oleh majikannya, saya berharap pemerintah Indonesia mulai membatasi pengiriman TKW pada Arab Saudi. Hal ini bertujuan agar tidak terulang kembali peristiwa yang dialami Sumiati. Selain itu, pemerintah juga hendaknya memperkuat sistem keamanan mereka pada daerah-daerah tertentu yang rawan “Human Trafficking” di Indonesia. Karena banyak para TKW maupun TKI yang tidak sah untuk menjadi tenaga kerja asing. Sehingga mereka bisa seenaknya saja pergi ke negara lain untuk bekerja tanpa sepengetahuan  pemerintah. Dan akhirnya pemerintah pun tidak bisa mengawasi kondisi si TKI yang tidak sah tersebut di negara luar, apakah dia terkena kasus penyiksaan, gaji tidak diberikan, kasus pemerkosaan oleh majikan, dan lain sebagainya. jadi, menurut saya pemerintah harus lebih mengawasi penyaluran tenaga kerja ke luar negeri.

Kesimpulannya, pada kasus penyiksaan yang menimpa Sumiati ini, ada beberapa pihak yang harus bertanggung jawab, yaitu :
1.       
       1. Pelaku penyiksaan (majikan)
2.       2. Pemerintah Arab Saudi
3.       3. Pemerintah penyaluran Tenaga Kerja Indonesia
4.       4. Sumiati

Kenapa Sumiati harus turut bertanggung jawab? Karena dia harus memberikan bukti bahwa dia adalah TKW yang sah. Sehingga tidak ada alasan untuk pemerintah Indonesia untuk lepas tanggung jawab dalam kasus yang dideritanya. Jika Sumiati adalah TKW ilegal, maka pemerintah Indonesia dan pemerintah Arab Saudi tidak sepenuhnya salah. Karena keduanya tidak mengetahui keberadaan Sumiati dan tidak bisa mengawasi kondisi yang dialami Sumiati di Arab Saudi jika status Sumiati TKW ilegal. Dan untuk Pelaku penyiksaan tetap harus mendapatkan hukuman yang setimpal karena sudah melanggar Hak Asasi Manusia dengan melakukan penyiksaan terhadap sesama manusia. Sesuai dengan konferensi di Jenewa, Swiss setiap bentuk penyiksaan adalah melanggar HAM dan harus mendapatkan hukuman yang setimpal.
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

3 Responses to this post

  1. Anonim on 28 Maret 2012 pukul 21.26

    Sepakat atas analisanya sob..Mudah-mudahan pelaku penyiksaan itu dihukum yang setimpal ya...!

  2. Prediction Angka Jitu!!! on 27 Maret 2015 pukul 17.24


    SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259












    SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259

  3. ibu madina on 29 Juni 2015 pukul 22.43

    Pengakuan tulus dari saya IBU MADINA TKI kerja disingapura
    saya mau mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga,, serta penghargaan dan rasa kagum yang setinggi-tingginya kepada KI SAKTI,,saya sudah kerja sebagai TKI selama 5 tahun disingapura,,dengan gaji lebih kurang 3jt 500/bln,,tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,,apalagi setiap bulan harus mengirim orangtua di jawa barat,,sudah lama saya mengetahui room om ini,,juga sudah lama mendengar nama besar KI SAKTI,,tapi saya termasuk orang yang tidak terlalu percaya dengan hal ghoib,,jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng yang mau menipu..tapi saya pikir tidak ada salahnya untuk mencoba minta angka ghoib KI SAKTI.
    dan kemarin saya di beri 4d singapura yaitu 9509 ,,saya benar2 tidak percaya dan hampir pinsang,,angka yang di beri KI SAKTI ternyata tembus 100%,,awalnya saya coba2 menelpon,,saya bilang saya terlantar disingapura,,tidak ada ongkos pulang,,terus beliau bantu kasih angka 9509..mulanya saya tidak percaya,,mana mungkin angka ini keluar,,tapi dengan penuh pengharapan saya pasangi kali 175 lembar,,sisa gaji bulan MEI ternyata meledak….!!!
    dapat 500jt..sekali lagi terima kasih banyak AKI,,saya sudah kapok kerja jadi TKI,,rencana bulan INI mau pulang aja ke jawa barat,,buat AKI saya tidak akan lupa bantuan dan budi baik KI SAKTI
    yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi
    KI SAKTI di nomor: {_082_338_188_733_}
    demikian kisah nyata dari saya (( SUMPAH DEMI ALLAH.!!..INI BUKAN REKAYASAHH ))

    BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL KI SAKTI
    angka;GHOIB: singapura
    angka;GHOIB: hongkong
    angka;GHOIB; malaysia
    angka;GHOIB; toto magnum
    angka”GHOIB; laos…
    angka”GHOIB; macau
    angka”GHOIB; sidney
    angka”GHOIB: vietnam
    angka”GHOIB: dubai
    angka"GHOIB thailand




































































































































































































































    Pengakuan tulus dari saya IBU MADINA TKI kerja disingapura
    saya mau mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga,, serta penghargaan dan rasa kagum yang setinggi-tingginya kepada KI SAKTI,,saya sudah kerja sebagai TKI selama 5 tahun disingapura,,dengan gaji lebih kurang 3jt 500/bln,,tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,,apalagi setiap bulan harus mengirim orangtua di jawa barat,,sudah lama saya mengetahui room om ini,,juga sudah lama mendengar nama besar KI SAKTI,,tapi saya termasuk orang yang tidak terlalu percaya dengan hal ghoib,,jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng yang mau menipu..tapi saya pikir tidak ada salahnya untuk mencoba minta angka ghoib KI SAKTI.
    dan kemarin saya di beri 4d singapura yaitu 9509 ,,saya benar2 tidak percaya dan hampir pinsang,,angka yang di beri KI SAKTI ternyata tembus 100%,,awalnya saya coba2 menelpon,,saya bilang saya terlantar disingapura,,tidak ada ongkos pulang,,terus beliau bantu kasih angka 9509..mulanya saya tidak percaya,,mana mungkin angka ini keluar,,tapi dengan penuh pengharapan saya pasangi kali 175 lembar,,sisa gaji bulan MEI ternyata meledak….!!!
    dapat 500jt..sekali lagi terima kasih banyak AKI,,saya sudah kapok kerja jadi TKI,,rencana bulan INI mau pulang aja ke jawa barat,,buat AKI saya tidak akan lupa bantuan dan budi baik KI SAKTI
    yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi
    KI SAKTI di nomor: {_082_338_188_733_}
    demikian kisah nyata dari saya (( SUMPAH DEMI ALLAH.!!..INI BUKAN REKAYASAHH ))

    BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL KI SAKTI
    angka;GHOIB: singapura
    angka;GHOIB: hongkong
    angka;GHOIB; malaysia
    angka;GHOIB; toto magnum
    angka”GHOIB; laos…
    angka”GHOIB; macau
    angka”GHOIB; sidney
    angka”GHOIB: vietnam
    angka”GHOIB: dubai
    angka"GHOIB thailand

Leave a comment