Definisi Cinta dan Perasaan Asmara


Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.
DEFINISI
Cinta adalah satu perkataan yang mengandungi makna perasaan yang rumit. Bisa dialami semua makhluk. Penggunaan perkataan cinta juga dipengaruhi perkembangan semasa. Perkataan sentiasa berubah arti menurut tanggapan, pemahaman dan penggunaan di dalam keadaan, kedudukan dan generasi masyarakat yang berbeda. Sifat cinta dalam pengertian abad ke 21 mungkin berbeda daripada abad-abad yang lalu. Ungkapan cinta mungkin digunakan untuk meluapkan perasaan seperti berikut:
§  Perasaan terhadap keluarga
§  Perasaan terhadap teman-teman, atau philia
§  Perasaan yang romantis atau juga disebut asmara
§  Perasaan yang hanya merupakan kemahuan, keinginan hawa nafsu atau cinta eros
§  Perasaan sesama atau juga disebut kasih sayang atau agape
§  Perasaan tentang atau terhadap dirinya sendiri, yang disebut narsisme
§  Perasaan terhadap sebuah konsep tertentu
§  Perasaan terhadap negaranya atau patriotisme
§  Perasaan terhadap bangsa atau nasionalisme


Artikel

Kenali 5 Bentuk Cinta Anda ke Dia


Langgeng tak hanya butuh cinta, perlu trik khusus untuk mewujudkannya. Caranya? Ketahui bentuk hubungan Anda, dan ambil langkah tepat.
Bentuk Cinta 1 : Lingkaran
Istilah kunonya, Anda dan dia bagai amplop dan perangko, nempel terus! Sampai-sampai banyak yang bilang, di mana ada Anda, di situ pasti ada dia.

(+) Kedekatan Anda berdua patut diacungi jempol. Langkah yang tepat untuk lebih mengenal pribadi pasangan dan belajar menerima kekurangannya.

(-) Upsss… tapi bukan berarti tak ada badai lho. Hubungan superdekat ini berpotensi menimbulkan kejenuhan akibat hubungan yang monoton. Bisa juga membuat Anda terjebak dalam cinta buta dan menganggap si dia adalah segala galanya. Parahnya, bisa menimbulkan krisis kepercayaan bila kedua pihak sedang terpisah jarak.

Trik awet: Buat hubungan lebih berwarna.Sesekali ajaklah rekan lain untukjalan bersama. Jangan ragu untuk meminta pendapat tentang hubungan ini. Berikan kepercayaan dan ruang lebih bagi pasangan untuk menikmati “me time“-nya.

Bentuk Cinta 2 : Persegi
“Cinta dewasa”, istilah tepat untuk menggambarkan hubungan Anda dan dia. Jauhnya jarak dan atau sedikitnya waktu akibat kesibukan masing-masing tak akan menjadi penghalang untuk tetap menaruh kepercayaan satu sama lain.

(+) Dari luar, hubungan ini mungkin terlihat dingin, tapi sebenarnya Anda dan dia sudah memiliki fondasi kuat untuk terus bersama, yaitu komitmen. Hampir tak ada masalah yang bisa membuat hubungan retak, semua bisa diselesaikan secara bijaksana.

(-) Anda dan dia sama-sama mandiri, memiliki ruang lebih untuk mengembangkan diri. Namun, kemandirian berisiko membuat kedua belah pihak memiliki ego yang tinggi. Anda bisa merasa dapat hidup tanpanya, begitu pun sebaliknya.

Trik awet: Hangatkan hubungan dengan menyiapkan kencan romantis. Jalinlah obrolan hangat agar tetap update tentang perkembangan masing-masing. Komunikasi yang baik akan membuat hubungan ini tak terpisahkan.

Bentuk Cinta 3 : Dua garis sejajar
Entah karena fisik atau faktor lain, yang jelas ada hal yang membuat cinta ini begitu membara. Misalnya, ia begitu tergila-gila dengan rambut indah Anda, sedang Anda begitu tergila-gila saat ia mengenakan busana kerja yang keren itu.

(+) Memiliki ketertarikan terhadap suatu hal dari pasangan merupakan modal awal menuju hubungan yang lebih serius.

(-) Jangan heran bila ia menjadi ilfil saat Anda mengubah gaya rambut yang tak sesuai seleranya, atau hal-hal kecil lain yang sebenarnya tidak penting.Ya, ini semua karena tidak ada ikatan batin yang dalam antara Anda berdua.

Trik awet: Perdalam rasa saling memiliki dengan melakukan kegiatan bersama.Temukan faktor yang membuat Anda berdua nyaman dalam hubungan ini. Terimalah kekurangan dan kelebihan yang dimiliki pasangan sebagai pribadi yang utuh. Kalau bisa, cintai dia karena karakternya.

Bentuk Cinta 4 : Trapesium
It takes two to tango tampaknya tak berlaku bagi hubungan ini. Entah Anda atau dia, yang pasti salah satu pihak merasa terlalu banyak berkorban atau merasa dominan.

(+) Cinta memang butuh pengorbanan. Mengalah kadang diperlukan agar hubungan langgeng, asal dilakukan dengan ikhlas tanpa mengharap balasan yang sama. Begitu juga dengan sikap dominasi. Apa jadinya bila sebuah kapal memiliki dua nahkoda?

(-) Betapa indahnya bila cinta dibalas dengan cinta. Namun, perbedaan “porsi” seringkali memicu masalah dalam hubungan ini. Salah satu pihak merasa jauh lebih dominan baik dalam hal mengalah atau memimpin. Sikap ini bisa menjadi bom waktu yang bisa membuat hubungan berantakan atau putus.

Trik awet: Bila ada hal yang tak Anda sukai dari pasangan, misalnya ia gemar memerintah atau selalu mendominasi saat menentukan tempat kencan, segera utarakan. Tak ada salahnya untuk sharing tentang keinginan masing-masing. Dengan begitu, akan tercipta rasa saling pengertian dan istilah it takes two to tango pun bisa diwujudkan.

Bentuk Cinta 5 : Segitiga
Ada satu masalah yang bisa memicu pertengkaran hebat dalam hubungan ini, ada orang ketiga yang berpotensi mebuat hubungan retak. Entah mantan, orang baru, atau keluarga.

(+) Ancaman dari orang ketiga bisa dijadikan pelajaran yang baik untuk mengokohkan hubungan, atau mengetahui sedalam apa perasaan Anda berdua. Bila bisa melewati masalah ini, tak ada lagi deh yang namanya putus hanya karena cemburu buta.

(-) Hadirnya orang ketiga sangat berpotensi mengganggu kenyamanan dalam hubungan. Apalagi bila salah satu pihak terbukti tidak setia, berkali-kali pula, ouch! Kalau dibiarkan, kepercayaan bisa luntur seketika.

Trik awet: Bicarakan dengan baik dan segera cari solusi. Bila masalah ini terus berulang, tak ada salahnya untuk mengambil langkah break sejenak untuk mengetahui bagaimana perasaan Anda terhadap pasangan.

(CHIC/Ayunda Pininta Kasih)


Pendapat :

Artikel diatas menunjukkan sebuah cinta yang ditujukkan kepada seseorang yang disayangi dan dicintai. Dalam hal ini, cinta yang dimaksudkan adalah sebuah ungkapan perasaan yang romantis atau asmara yang ditujukan pada lawan jenis. Menurut saya cinta terhadap lawan jenis merupakan kodrat manusia sejak lahir. Tidak bisa dipungkiri, manusia wajib memiliki pasangan untuk mewujudkan salah satu tujuan hidup di dunia ini, yaitu melestarikan keturunan. Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa bentuk cinta terhadap seseorang yang kita sayangi dapat ditunjukkan dengan :

1.       Rasa kebersamaan dan kedekatan
2.       Hubungan jarak jauh (Long Distance Relationship)
3.       Perlakuan atau ketertarikan fisik terhadap pasangan
4.       Saling terbuka antara satu sama lain
5.       Saling mempercayai satu sama lain

Menurut saya rasa kebersamaan dan kedekatan yang diciptakan oleh suatu pasangan bisa membuat hubungan awet. saya setuju dengan artikel di atas mengenai hubungan yang terlalu dekat atau sering berdekatan juga dapat membuat jenuh. Oleh karena itu, kita bisa menyibukkan diri dengan kegiatan masing-masing untuk memberi keluasan waktu seperti bekerja, bermain dengan teman, atau yang lainnya. Hubungan jarak jauh bisa membuat suatu pasangan untuk berkomitmen untuk saling mempercayai satu sama lain. Akan tetapi, hubungan jarak jauh menuntut kewajiban komunikasi antara satu sama lain , karena jika tidak akan menimbulkan kecurigaan diantara pasangan. Dengan berkomunikasi, hubungan jarak jauh pun akan membuat rasa kangen yang begitu sangat terhadap pasangan. Ibarat sebuah lagu, “Jauh di mata dekat di hati”. Lalu ada perlakuan fisik. Contohnya dengan memberikan sebuah pelukan atau perlakuan yang lainnya yang membuat pasangan anda nyaman terhadap anda, akan tetapi jangan berlebihan! Karena jika berlebihan akan membuat pasangan anda ilfeel. Dan yang terakhir saling terbuka dan percaya antar sesama harus selalu dijaga oleh kedua pasangan. Jangan merahasiakan sesuatu kepada pasangan anda karena akan menimbulkan kecurigaan. Jika memang ada yang harus dirahasiakan, jangan memancing pasangan anda penasaran. Dengan begitu tak ada rasa curiga diantara anda dan pasangan anda. Itulah pendapat saya mengenai perasaan cinta terhadap pasangan. 
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

3 Responses to this post

  1. Ferdian on 21 Januari 2017 pukul 05.50

    Pantengin juga nii gan : http://dou-ble.blogspot.co.id/

  2. Unknown on 27 April 2019 pukul 13.53
  3. yumiko on 25 Mei 2019 pukul 00.29

    Agen Slot Terpercaya
    Agen Situs Terpercaya


    Buruan Gabung Bersama Kami di 88CSN

    Dapatkan:
    BONUS SETIAP HARI 5%
    BONUS NEW MEMBER 180%
    BONUS MEMBER POKER 20%
    BONUS HAPPY HOUR 25%
    dan banyak lagi bonus lain nya.
    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    WA : 081358840484
    BBM : 88CSNMANTAP
    Facebook : 88CSN
    www.wes88.com

Leave a comment