Pengertian Kegelisahan



Kegelisahan adalah hal yang tidak terduga rupanya, bisa dirasakan sebelum sesuatu hal terjadi pada saat hal itu terjadi, atau bahkan setelah hal itu terjadi. Sekarang bagaimana kita dapat mengendalikan kegelisahan itu agar tidak berlarut-larut dan menimbulkan efek yang justru mengganggu kehidupan dan perasaan kita. Jadi setiap ada hal apapun yang membuat kita gelisah maka kita harus bersugesti hal yang baik agar membuat kita tenang, dan selalu mengambil hikmah dari apapun yang terjadi. Efek kegelisahan bisa timbul karena ada perlakuan yang tidak positif dari dalam diri kita sendiri. Maka dari karena itu apabila kita melakukan suatu kejadian atau perbuatan harus di usahakan sebisa mungkin menjalankannya dengan baik.

Kegelisahan di dalam bahasa sekarang disebut dengan galau. Galau ini banyak contoh kasusnya, seperti masalah cinta, pekerjaan, keluarga, dan lainnya. Manusia yang merasa gelisah seringkali tidak dapat menjalankan pekerjaan dengan baik karena selalu merasa tidak tenang dalam hidupnya.Bahkan orang tersebut tidak memiliki dasar dalam melakukan suatu kegiatan.Semua itu di sebabkan oleh karena manusia mempunyai hati dan perasaan yang takut akan kehilangan nama baik dsb.Bentuk kegelisahan bisa bermacam-macam,misalnya merasa terasing,kesepian dan ketidakpastian akan suatu masalah.

Keterasingan di sebabkan oleh perilaku seseorang yang sulit menyesuaikan diri dengan lingkungan,akibatnya perilaki orang tersebut tidak dapat di terima atau tidak dapat di benarkan oleh masyarakat yang ada di lingkungannya misalnya; sombong.Kesepian berarti merasa sunyi,tidak berteman.Kesepian memiliki hubungan dengan keterasingan hanya kebalikannya yaitu orang yang frustasi sehingga bersikap rendah diri dan menjauhi pergaulan ramai.Sedangkan ketidakpastian adalah perasaan tidak menentu,tidak dapat ditentukan,tanpa arah yang jelas misalnya;ketidakpastian tentang lulus tidaknya menjadi seorang sarjana.


Hidayat: Jangan Jadi Remaja Galau


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Calon gubernur DKI Jakarta Hidayat Nurwahid, meminta para remaja di ibu kota bersungguh-sungguh dalam menempuh ujian masuk perguruan tinggi nasional, yang akan digelar pada 12 Juni mendatang.

Hal itu disampaikan Hidayat di sela try out akbar nasional, di Gelanggang Olahraga Otista Jakarta Timur, Sabtu (9/6/2012).

"Anak-anak semuanya punya kesempatan besar untuk mengulangi kejayaan Jayakarta, kesempatan ini jangan disia-siakan, jangan dikacau-balaukan, jangan menjadi remaja galau. Jadikan tantangan ke depan membuat Anda jadi percaya diri," ujarnya di depan sekitar 1.000 peserta try out yang memadati GOR.

Hidayat juga meminta para remaja untuk mendekatkan diri kepada Tuhan, agar segala cita-cita dan harapan tercapai.

"Sangat penting apa yang kita lakukan agar semaksimal mungkin, dan berdoa kepada Allah SWT. Dia akan membuka segala kesulitan menjadi mudah. Dia akan menguatkan kita untuk bersabar dan terus belajar, serta mengatasi segala masalah," tutur Hidayat.

Hidayat mencontohkan perjuangan tokoh besar Fatahillah dalam mendirikan Kota Jakarta, melalui perjuangan panjang mengusir penjajah Portugis.

"Fatahillah  tidak pernah menyangka bahwa ia akan menjadi sejarah besar, membuat kota hebat seperti Jakarta. Tapi, dengan kesungguhan, kerja keras,  kepercayaan diri, berjuang dan berdoa  kepada Tuhan yang Maha Esa, jadilah dia sejarah yang hebat membuat ia menjadi Jayakarta, dan kita semua menjadi warganya," bebernya.

Terakhir, cagub DKI Jakarta nomor urut 4, mendoakan agar para remaja tersebut sukses dalam menempuh ujian, dan diterima di perguruan tinggi negeri yang mereka impikan.

Pada kesempatan itu, Laili Ismawati, peserta try out, mengucapkan terima kasih kepada Hidayat yang telah memotivasi para remaja untuk bekerja keras mempersiapkan diri menempuh ujian. Ia juga berdoa agar Hidayat terpilih sebagai gubernur DKI Jakarta.

"Terima kasih kepada Pak Hidayat yang telah bersedia datang. Mohon doa agar dengan  mengikuti try out di sini semoga akan menjadi jembatan atas apa yang kami cita-citakan.  Saya harap semoga dalam pemilihan gubernur nanti bapak bisa terpilih," papar Laili.
Hal yang sama juga disampaikan Fahri, pelajar  SMUN 39 Jakarta.

"Mohon doanya pak, semoga kami bisa diterima di perguruan tinggi favorit kami.  Semoga bapak bisa sukses ke depannya, dan kita sama-sama sukses," harapnya.


Opini :

Menurut saya kegelisahan merupakan suatu keadaan yang dapat  membuat manusia bimbang dan tidak tenang dalam menghadapi hidup ini. Menurut artikel yang saya kutip, kegelisahan atau zaman sekarang biasa disebut dengan “galau”, sering menimpa dalam berbagai aspek kehidupan manusia seperti pekerjaan, percintaan, pertemanan, pendidikan, hubungan sosial masyarakat, dan lain sebagainya. keadaan seperti ini tentu saja merugikan manusia yang mengalaminya. karena dalam kehidupan di dunia ini, manusia dituntun untuk bekerja ekstra keras dan berkonsentrasi untuk bekerja dan membangun sebuah koneksi dengan masyarakat untuk menunjukkan bahwa ia berguna bagi orang lain.

 Ada beberapa cara yang dilakukan oleh manusia yang sedang dirundung kegelisahan, misalnya ketika ia gelisah dalam bekerja, cobalah untuk menenangkan pikiran dan bersantai bersama keluarga, teman, ataupun kekasih yang dicintai. Hal ini dapat mengurangi kegelisahan seorang pekerja yang sibuk dengan pekerjaannya. Karena ketenangan pikiran serta hiburan sejenak dapat membantu manusia untuk kembali bergairah dalam melakukan suatu aktifitas. Lalu banyak kejadian “Galau” yang sekarang sering menimpa kaum remaja. Biasanya para remaja galau tentang masalah cinta. Sadarlah wahai kaum remaja! Laki-laki dan perempuan di dunia ini tersebar dimana-mana. Jika anda mengalami kegalauan karena cinta ataupun seseorang yang anda sebut sebagai kekasih, pergilah ke sebuah tempat yang ramai dikunjungi oleh orang, misalnya mall, objek wisata, taman hiburan, dll maka anda akan menemukan banyak lawan jenis yang lebih dan lebih dari yang anda cintai untuk sekarang ini. Tak perlu khawatir akan cinta dan janganlah galau hanya karena masalah cinta. Lalu keadaan gelisah biasanya juga dialami oleh kalangan pelajar. Kok bisa? Ya sangat bisa. Seperti gelisah akan biaya pendidikan yang harus mereka bayar, kekuatan mental dalam menghadapi suatu permasalahan baik akademik maupun non akademik. Diikuti dengan masalah pertemanan dan hubungan sosial, anda bisa saja gelisah ketika teman anda melakukan sesuatu yang bisa membuat anda gelisah seperti melakukan pekerjaan yang lebih baik dari anda, anda akan gelisah karena ada teman anda yang lebih baik dari anda, sehingga bukan tidak mungkin anda akan terpinggirkan dalam persaingan hidup di masyarakat bukan? dan adapula teman yang memusuhi anda, tentunya setiap orang akan gelisah jika hidup di dunia ini memiliki musuh, padahal sifat manusia seharusnya harus saling tolong menolong.

Menanggapi artikel tentang remaja yang galau, saya setuju dengan pendapat Pak Hidayat Nur Wahid yang menegaskan bahwa remaja tidak boleh galau dalam menghadapi sesuatu. Seperti yang dicontohkan dalam artikel tersebut, ketika para pelajar remaja yang akan menghadapi tes masuk perguruan tinggi, banyak pelajar yang merasa gelisah karena banyak saingan yang akan mereka hadapi dan bentuk soal yang harus mereka kerjakan. Belum lagi jika ujian telah selesai, para pelajar pun dibuat gelisah dalam menunggu keputusan dari pihak perguruan tinggi tentang status diterim atau tidaknya ia sebagai mahasiswa dari perguruan tinggi tersebut. Saya pikir tak perlu gelisah karena jika seseorang sudah berusaha dan berdoa semaksimal mungkin, maka Allah SWT pun akan memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya. Jika pun tidak lulus atau tidak sesuai yang diharapkan, percayalah bahwa masa depan anda buka terletak pada perguruan tinggi yang anda impikan. Bisa saja kesuksesan anda terletak pada perguruan tinggi yang anda anggap tidak favorit.

Jadi kesimpulannya, tak perlu gelisah dalam menghadapi hidup ini. Kita harus kuat dalam menjalani hidup sebagai pekerja, pelajar, dan masyarakat umum. Jangan pernah lari dari masalah yang anda buat, karena lari dari masalah hanya akan membuat anda semakin gelisah dan bermasalah. Dan perlu diingat, kita sebagai orang beragama jangan terlalu mengukur kesuksesan dengan sebuah logika manusiawi. Karena tidak ada yang mustahil bagi Allah SWT, dan Allah SWT akan memberikan yang terbaik untuk hamba-Nya yang mau bekerja keras dan berdoa kepada-Nya.
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Leave a comment