Manusia dan Harapan


Harapan atau asa adalah bentuk dasar dari kepercayaan akan sesuatu yang diinginkan akan didapatkan atau suatu kejadian akan bebuah kebaikan di waktu yang akan datang. Pada umumnya harapan berbentuk abstrak, tidak tampak, namun diyakini bahkan terkadang, dibatin dan dijadikan sugesti agar terwujud. Namun ada kalanya harapan tertumpu pada seseorang atau sesuatu. Pada praktiknya banyak orang mencoba menjadikan harapannya menjadi nyata dengan cara berdoa atau berusaha.

Beberapa pendapat menyatakan bahwa esensi harapan berbeda dengan "berpikir positif" yang merupakan salah satu cara terapi/ proses sistematis dalam psikologi untuk menangkal "pikiran negatif" atau "berpikir pesimis".
Kalimat lain "harapan palsu" adalah kondisi dimana harapan dianggap tidak memiliki dasar kuat atau berdasarkan khayalan serta kesempatan harapan tersebut menjadi nyata sangatlah kecil.


Hodgson Gantungkan Harapan pada Rooney


DONETSK - Pelatih Tim Nasional Inggris, Roy Hodgson, mengaku tidak khawatir dengan perilaku striker Wayne Rooney. Bahkan Hodgson secara terang-terangan menggantungkan harapan agar Rooney membantu Inggris memenangkan laga terakhir.

Pada laga terakhir Wayne Rooney sudah terbebas dari hukuman larangan bertanding dua laga yang diberikan UEFA, akibat kartu merah yang didapat striker Manchester United itu di babak kualifikasi ketika Inggris bersua Montenegro. Meski banyak yang khawatir dengan perilaku Rooney, Hodgson enggan memusingkan hal tersebut.

“Saya tidak ambil pusing dengan Wayne Rooney secara berlebihan. Itu adalah hal yang bagus tetapi saya pastikan orang lain terpisah dari saya sendiri akan mengingatkan dirinya (Rooney) bahwa kami menginginkan performa tim yang bagus,” ujar Hodgson, dilaporkan wartawan Okezone, Fitra Iskandar, langsung dari Ukraina.

“Kami ingin dia menolong kami untuk memenangkan pertandingan sepakbola. Kami sangat terkesan dengan sikapnya dalam berlatih dan tidak ada kekhawatiran mengenai dirinya,” tambahnya.

Hodgson sadar betul insting gol Rooney mampu mendongkrak Inggris menjadi pemuncak grup D bila menang melawan tim tuan rumah, Swedia. Hodgson sendiri memiliki penilaian sendiri berdasarkan penampilan Rooney di klubnya.

“Orang-orang mengatakan dia mungkin ceroboh tetapi dari apa yang saya lihat dia cukup tajam ketika memainkan pertandingan terakhirnya bersama Manchester United,” pungkasnya.

sumber : 
http://bola.okezone.com/euro/read/2012/06/19/546/649560/hodgson-gantungkan-harapan-pada-rooney


Opini : 



Menurut saya, harapan adalah sebuah sifat dasar manusia berupa cita-cita ataupun keinginan seorang manusia yang dipercayai atau diharapkan akan terwujud di masa yang akan datang. Harapan berbentuk pikiran. Tidak bisa dilihat dan disentuh secara fisik. Setiap manusia memiliki harapannya masing-masing dan pasti berbeda-beda. Karena ini merupakan sifat dasar manusia untuk mencapai tujuan hidupnya. 


Contoh : manusia yang berharap suatu saat nanti akan menjadi orang yang sukses dan berguna bagi masyarkat, lalu ada seorang anak laki-laki kecil yang mempunyai mimpi untuk menjadi atlet sepak bola, ataupun seorang fakir miskin yang bercita-cita merubah nasib hidupnya agar kehidupan ekonominya menjadi lebih baik.


Ya itu semua adalah harapan. Dan setiap harapan pasti diinginkan oleh manusia yang berharap tersebut, terjadi di masa yang akan datang. Bagaimana cara manusia agar dapat merealisasikan harapannya? Tentu saja dengan belajar, berusaha, dan berdo’a. Ketiga faktor utama ini sangat berpengaruh dalam proses perealisasian suatu harapan. Contoh kasus : ada seseorang yang memiliki harapan untuk menjadi wirausaha yang sukses. Untuk merealisasikan harapan tersebut, tentunya orang tersebut harus belajar bagaimana berbisnis yang baik, belajar memiliki mental wirausaha, dan belajar bersosialisasi dengan masyarakat yang nantinya ada yang menjadi pelanggan, karyawan, ataupun partner bisnis dalam karir wirausahanya. Setelah itu, orang tersebut mau bekerja keras dan berusaha agar karir wirausahanya sukses sesuai dengan target hidupnya. Setelah belajar dan berusaha, kini saatnya untuk orang yang beragama berserah diri kepada sang pencipta, Allah SWT. Berdoalah kepada-Nya agar diberikan yang terbaik dalam hidupnya. Karena Allah SWT akan memberikan yang terbaik bagi Hamba-Nya yang mau belajar, berusaha, dan meminta (Berdoa) kepada-Nya


Menanggapi artikel yang saya kutip, saya rasa Roy hodgson wajar berharap banyak pada striker asal Manchester United, Wayne Rooney. Dengan total 35 gol pada musim 2012-2012 ini, Rooney santer akan menjadi ancaman tiap lini pertahanan lawan. Ini akan menjadi pertandingan pertama Rooney dalam Euro 2012 karena pada 2 laga awal, harus absen karena sanksi yang diterimanya pada saat kualifikasi melawan montenegro. Jadi harapan pelatih Roy Hodgson adalah Rooney bisa membawa Inggris berjaya pada Euro 2012. Harapan itu bisa terjadi jika Rooney mau belajar untuk mengontrol emosi dan menjadi pribadi yang baik, berusaha menjadi yang terbaik dan menampilkan skill yang bagus di lapangan, dan berdo’a agar selalu diberi kondisi yang fit.


Jadi kesimpulannya Harapan merupakan suatu cita-cita manusia yang pasti diinginka terjadi di masa yang akan datang, dimana proses realisasinya, manusia harus belajar, berusaha, dan berdoa.

These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati